Friday, April 11, 2008

Voluntary World

“ Dalam setiap komunitas, ada kerja yang harus dilakukan. Dalam setiap bangsa, ada luka yang harus disembuhkan. Dan dalam setiap hati, ada kekuatan untuk melakukannya”

Volunteering (kerelawanan) didefinisikan secara berbeda-beda di berbagai negara, tetapi ada kesamaan dasar dari semua definisi yang ada. Akar kata volunteer berasal dari bahasa Latin ”Voluntas” mengacu kepada keinginan individu. Perserikatan Bangsa-bangsa mendefinisikan kerelawanan sebagai “ activities that individuals or groups offer to society ‘in ways that often require a degree of sacrifice’but also involve satisfaction as well as motivation” . Orang yang bekerja dengan dasar kerelawanan disebut volunteer atau (sukarelawan).

Di Indonesia Sukarelawan didefinisikan sebagai orang-orang yang secara sukarela memberikan sumbangan pikiran, keahlian, tenaga, waktu, uang, barang (misalnya computer atau perangkat kerja lainnya) dan lain-lain, sebagai wujud kepedulian pada kemanusiaan, perubahan social atau lingkungan tertentu

Beberapa perbedaan dalam definisi tentang kerelawan memunculkan beberapa jenis kegiatan kerelawanan (Govaart, Van Daal, Munz and Keesom 2001). Kegiatan kerelawanan dapat mengambil bentuk formal atau informal. Kerelawanan formal mengacu kepada kerja-kerja kerelawanan yang dilakukan bersama atau melalui sebuah oranganisasi. Formal disini tidak selalu berarti oranganisasinya bersifat voluntary (sukarela), tetapi juga dapat dilakukan pada lembaga-lembaga kerja (perusahaan), lembaga pemerintahan, sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan, atau secara virtual melalui internet. Oranganisasi seperti ini dirujuk sebagai oranganisasi yang terlibat dalam kegiatan kerelawanan (volunteer-involving oranganisations). Kerelawanan informal, pada sisi lain, mengacu pada kerja-kerja kerelawanan yang dilakukan oleh individu atas kehendak pribadinya, tidak melalui suatu oranganisasi, bukan untuk keluarga atau saudaranya, dan tidak mengharapkan imbal balas.

Lebih jauh tentang volunteer silahkan kunjungi Newsletter Voluntary World

Yanti ( mutiara_9@yahoo.com )

0 comments:

Label Cloud


 

Design by Amanda @ Blogger Buster